Cari Blog Ini

Sabtu, 09 April 2011

HAL-HAL YANG DILARANG BAGI ORANG YANG BERHADAS

FIQIH 1
HAL-HAL YANG DILARANG BAGI ORANG YANG BERHADAS



Disusun Oleh :
Ahmad Fiqih Ahsani Zaim (D31210103)



INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
FAKULTAS TARBIYAH SURABAYA
PENDIDKAN AGAMA ISLAM
TAHUN 2010

HAL YANG DILARANG BAGI ORANG YANG BERHADAS
A. Pengertian Hadats
Hadats dari segi bahasa bererti sesuatu yang datang atau berlaku. Hadats berasal dari kata "حدث" yang artinya suatu peristiwa, kotoran, atau tidak suci. Menurut istilah syariat Islam ialah keadaan tidak suci seseorang sehingga menjadikan tidaknya sahnya dalam melakukan suatu ibadah tertentu.
Dari pengertian di atas, dapat di simpulkan bahwa hadats ialah suatu keadaan yang bersifat abstrak pada diri seseorang yang menyebabkan orang tersebut tidak dapat menghadap kepada Allah dan melakukan ibadah tertentu.

Hadats dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Hadats Kecil
Hadats kecil ialah suatu keadaan yang bersifat abstrak pada diri seseorang yang menyebabkan orang diwajibkan berwudlu agar dapat melakukan ibadah tertentu.
2. Hadats Besar
Hadats besar ialah suatu keadaan yang bersifat abstrak pada diri seseorang yang menyebabkan orang diwajibkan mandi agar dapat melakukan ibadah tertentu.


B. Hal Yang Dilarang Bagi Orang Yang Berhadats

1. Hadats Kecil
Orng yang berhadats kecil dilarang melakukan :
a. Shalat
ومن أحدث حرمت عليه الصلاة لقوله صلى الله عليه وسلم لا يقبل الله صلاة بغير طهور
Dan barang siapa yang berhadats diharamkan baginya untuk salat, berdasarkan sabda Rasul SAW : “Allah tidak menerima salat seseorang tanpa suci”

عن ابي هريرة ر.ع.قال :قَال النبيُّ ص.م.لاَيُقْبَلُ اللهُ صلاةَ احدِكُمْ اذا احْدَثَ حتّي يتوضأَ (رواه البخار و مسلم)
Dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Allah tidak akn menerima salat seseorang yang telah berhadats hingga ia berwudlu kembali.” (HR Buchari dan Muslim)
b. Tawaf
ويحرم عليه الطواف لقوله صلى الله عليه وسلم الطَّوَافُ بالبَيْتِ صلاةٌ
dan diharamkan (orang yang berhadats) tawaf berdasarkan sabda Rasul SAW : “Tawaf di baitullah itu sama dengan salat”

c. Memegang dan menyentuh mushaf
ويحرم عليه مس المصحف لقوله تعالى
{ لا يَمَسُّهُ إلا المُطَهَّرُونَ }
Dan diharamkan (bagi orang yang berhadats) memegang mushaf, berdasarkan firman Allah SWT :“ Tidak boleh menyentuh (Qur’an) kecuali orang-orang yang suci. (Al Waqi’ah : 79)”

عن عمر بن حزام رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لا تَمَسُّ القرآنَ إلّا وأنتَ طَاهِرٌ
Dari Umar bin Hizam Radliallahu ‘Anhu : sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda : “jangan kau menyentuh Al-Qur’an kecuali kau dalam keadaan suci.”

2. Hadats Besar
Sebab hadath besar adalah junub, keluar haidh atau nifas, dan bersenggama.

a. Apabila seseorang berhadats besar kerana berjunub, maka dia diharamkan untuk melakukan perkara-perkara berikut:
1) Shalat
ومن أحدث حرمت عليه الصلاة لقوله صلى الله عليه وسلم لا يقبل الله صلاة بغير طهور
Dan barang siapa yang berhadats diharamkan baginya untuk salat, berdasarkan sabda Rasul SAW : “Allah tidak menerima salat seseorang tanpa suci”
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فاغْسِلُواْ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُواْ بِرُؤُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَينِ وَإِن كُنتُمْ جُنُباً فَاطَّهَّرُواْ
“ Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah .” (QS. Al-Maidah: 6)


43. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam Keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam Keadaan junub[301], terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, Maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pema'af lagi Maha Pengampun.(QS AnNisa’ ayat 43)

2) Tawaf
ويحرم عليه الطواف لقوله صلى الله عليه وسلم الطواف بالبيت صلاة
dan diharamkan (orang yang berhadats) tawaf berdasarkan sabda Rasul SAW : “Tawaf di baitullah itu sama dengan salat”

3) Menyentuh dan memegang mushaf
ويحرم عليه مس المصحف لقوله تعالى
{ لا يمسه إلا المطهرون }
Dan diharamkan (bagi orang yang berhadats) memegang mushaf, berdasarkan firman Allah SWT :“ Tidak boleh menyentuh (Qur’an) kecuali orang-orang yang suci. (Al Waqi’ah : 79)”

روى حكيم بن حزام رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لا تمس القرآن إلا وأنت طاهر
diriwayatkan Hakim bin Hizam Radliallahu ‘Anhu : sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda : “jangan kau menyentuh Al-Qur’an kecuali kau dalam keadaan suci.”

4) Membaca Al-Qur’an
عنِ ابنِ عمر ر.ع. انَّ النَّبيَص.م. قال : لايَقْرَأْ الجُنُبُ ولا الحَاءضُ شَيْءًا من القرأنِ.
Dari Ibnu Umar r.a. bahwasannya Nabi SAW bersabda, “Tidak boleh membaca suaiu ayat alqur’an bagi orang junub dan tidak pula bagi perempuan-perempuan yang haid.” (HR. Tirmizi dan Ibnu Majah)

قَالَ عَلِيُّ بْنُ أَ بِى طَالِبٍ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص.يُقْرِأُناَ اْلقُرْأَنَ عَلىٰ كُلِّ حَالٍ مَالَـمْ يَكُنْ جُنُبًا – روه اءحمد وابوداود وابن مجه والنسائى والترمذى
Telah berkata Ali bin Abi Thalib : Adlaah Rasulullah SAW sering membacakan Al-Qur’an bagi kami di setiap saat sedang beliau tidak dalam keadaan junub. [HR. Ahmad, Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah dan Timidzi. Ia berkata : Hadis ini hasan sahih]


قَالَ عَلِيُّ : قَالَ النَّبِيُّ ص. إِقْرَأُوْاالْقُرْأٰنَ مَالَمْ تُصِبْ أَحَدَكُمْ جَنَابَةُ فَإِنْ أَصَابَتْهُ فَلاَ وَلَوْ حَرْفًا – الدرقطنى
Ali berkata: Nabi SAW pernah bersabda :”Bacalah Al-Quran selama seseorang dari kamu tidak dalam keadaan janabat, maka apabila dalam keadaan janabat tidak boleh – membacanya – walaupun satu huruf. [HSR Daruquthni]


قَالَ عَلِيُّ : رَأَيْتُ رَسُلُ اللهِ ص. : تَوَضَّأَ ثــُمَّ قَرَأَ شَيْأً مِنَ الْقَرْأٰنِ هكَذٰا لِمَنْ لَيْسَ بــِجُنُبٍ فَأَمَّا الْجُنُبُ فَلاَ وَلَوْ أٰ يَةً
Ali berkata : Saya pernah melihat Rasulullah SAW berwudhu, kemudian beliau membaca sebagian dari Al-Quran sambil bersabda : Demikian ini (membaca Al-Quran) adalah bagi orang yang tidak berjunub, sedang bagi yang junub tidak boleh –membacanya – walau pun satu ayat.







5) Berdiam diri di dalam masjid
عن عَاإشَةَ ر.ع. قَالتْ : قال رسول اللهِ ص.م. نِّي لااُحِلُّ المَسخِدَ الحَاءِضِ ولاجُنُبٍ
Dari Aisyah ia berkata, ‘Rasulullah SAW bersabda,” Sesungguhnya aku tidak membolehkan masjid bagi orang yang haid dan tidak pula bagi orang yang junub.” (HR. Abu Dawud)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَقْرَبُواْ الصَّلاَةَ وَأَنتُمْ سُكَارَى حَتَّىَ تَعْلَمُواْ مَا تَقُولُونَ وَلاَ جُنُباً إِلاَّ عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّىَ تَغْتَسِلُواْ
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub , terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi..”(QS. An-Nisa’: 43)

b. Apabila seseorang berhadath besar kerana keluar haidh dan nifas, maka dia diharamkan untuk melakukan perkara-perkara berikut:
1) Shalat
عَنْ عَائِشَةَ رضيَ اللهُ عَنْهَا: أنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ أَبِي حُبَيْشٍ كَانَتْ تُسْتَحَاضُ، فَقَالَ لَهَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: إِنَّ دَمَ الحَيْضِ دَمٌ أَسْوَدُ يُعْرَفُ، فَإِذا كَانَ ذَلِكَ فَأَمْسِكِي عَنِ الصَّلاةِ، فَإِذا كَانَ الآخَرُ فَتَوَضَّئِي وَصَلِّي، رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَالنَّسَائِيُّ، وَصَحَّحَهُ ابنُ حِبَّانَ وَالحَاكِمُ، وَاسْتَنْكَرَهُ أَبُو حَاتِمٍ
Dari Aisyah ra berkata, Fatimah binti Abi Hubaisy mendapat darah istihadha, maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya, Darah haidh itu berwarna hitam dan dikenali. Bila yang yang keluar seperti itu, janganlah shalat. Bila sudah selesai, maka berwudhu’lah dan lakukan shalat.(HR. Bukhari)

2) Puasa
وَعَنْ أَبِي سَعِيْدٍ الخُدْرِيِّ رضيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: أَلَيْسَ إِذا حَاضَتِ المَرْأَةُ لَمْ تُصَلِّ وَلَمْ تَصُمْ، قُلْنَ : بلى, فَذلكَ مِنْ نُقْصَانِ.

Dari Abi Said Al-Khudhri ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, Bukankah bila wanita mendapat haidh, dia tidak boleh shalat dan puasa? Perempuan-perempuan itu menjawab, “ya”itulah tanda berkurangnya kewajiban agamanya.(HR. Bukhari)

3) Tawaf
وَعَنْ عَائِشةَ رضيَ اللهُ عَنْهَا قَالَت: لَمَّا جِئْنَا سَرِفَ حِضْتُ، فَقَالَ النَّبيُّ صلى الله عليه وسلم: افْعَلِي مَا يَفْعَلُ الحَاجُّ غَيْرَ أَنْ لا تَطُوْفِي بِالبَيْتِ حَتَّى تَطْهُرِي، مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Aisyah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, Bila kamu mendapat haid, lakukan semua praktek ibadah haji kecuali bertawaf di sekeliling ka`bah hingga kamu suci.(HR. Bukhari dan Muslim)

4) Membaca AL-Qur’an, menyentuh, dan membawanya, sebagaimana keterangan dalam perkara hal-hal yang diharamkan ketika junub.

5) Lewat, masuk, duduk, dan beriktikaf di dalam masjid jika dikhawatirkan darahnya menetes pada masjid.
6) Bersenggama
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُواْ النِّسَاء فِي الْمَحِيضِ وَلاَ تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىَ يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللّهُ إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ
Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: "Haid itu adalah kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri. (QS. Al-Baqarah : 222)

وَعَنْ أَنَسٍ رضيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ اليَهُودَ كَانت إِذا حَاضَتِ المَرْأَةُ فِيْهِمْ لَمْ يُؤَاكِلُوهَا، فَقَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: اصْنَعُوا كُلَّ شَىءٍ إِلاَّ النِّكَاحَ، رَوَاهُ مُسْلِمٌ

`Dari Anas ra. bahwa orang Yahudi bisa para wanita mereka mendapat haidh, tidak memberikan makanan. Rasulullah SAW bersabda, Lakukan segala yang kau mau kecuali hubungan badan.(HR.Muslim)


وَعَنْ عَائِشَةَ رضيَ اللهُ عَنْهَا قَالَت: كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَأْمُرُنِي فَأَتَّزِرُ، فَيُبَاشِرُنِي وَأَنَا حَائِضٌ، مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Aisyahra berkata, Rasulullah SAW memerintahkan aku untuk memakain sarung, beliau mencumbuku sedangkan aku dalam keadaan datang haidh.

7) Talak
Dalam sebuah hadits disebutkan, yang artinya :
“dari Ibnu Umar r.a.bahwasannya ia pada masa Rosulullah pernah menceraikan istrinya, ketika itu iastrinya sedang dalam keadaan haid,lalu bertanya Umar (bapaknya) pada Rosulullah SAW tentang hal itu, maka Rosululah menjawab,`Suruhlah dia merujuki istrinya itu kembali, kemudian hendaklah ia menanti istrinya itu sampai suci kembali, kemudian ia haid lagi dan suci lagi, kemudian jika dikehendakinya boleh ditahannya, dan jika dikehendakinya ia boleh ceraikan sebelum ia campuri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun talak ini sah jatuhnya, hukumnya haram hingga ia diperintahkan ruju’ kembali.